Kumpulan Situs Download Lagu Gratis Terbaru 2020, Gudang Lagu MP3

Selasa, 22 Desember 2020

Antisipasi Kondisi Usai Pandemi, Pemprov DKI Upgrade Kebijakan Pembangunan Kota

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peluncuran Kampung Tangguh Jaya di Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, secara virtual pada Selasa (8/12/2020).

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pengembangan visi dan kebijakan pembangunan Kota Jakarta. Hal ini dilakukan untuk merespons serta mengantisipasi kondisi pascapandemi Covid-19.


"Ini adalah beberapa tambahan atas visi Jakarta sebagai bagian dari kita mengambil hikmah atas ujian selama satu tahun yang kita hadapi ini," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam pidato Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang), Selasa (22/12/2020).


Pengembangan visi dan kebijakan tersebut antara lain melalui:


1. Perencanaan ruang berbasis neighbourhood di mana semua kebutuhan warga dapat terpenuhi tanpa perlu menempuh jarak jauh. Anies menjelaskan, setiap wilayah harus dapat mencukupi kebutuhannya sendiri tanpa harus bepergian jauh-jauh.


"Ternyata selama ini kita tidak menyiapkan untuk sebuah wilayah yang self-sufficient sehingga kita harus sering bepergian jauh untuk bisa mendapatkan kebutuhan-kebutuhan pokok, dari mulai kebutuhan pangan sampai pada pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, dan lain-lain," ujar Anies.


2. Fasilitas dan layanan dasar kota yang berketahanan. Menurut Anies, ketergantungan Jakarta akan kebutuhan dasar harus diantisipasi.


3. Peningkatan infrastruktur digital sebagai backbone (tulang punggung) dari tata kelola pemerintahan modern yang berbasis data dan teknologi. Anies mengemukakan, selama pandemi Covid-19 masyarakat Jakarta melakukan aktivitas baik bekerja dan belajar dari rumah.


"Dan ini harus dikebut kemarin termasuk program JakWifi. Lalu program Jakarta Smart City kita membangun corona. jakarta.go.id," kata Anies


4. Integrasi data kependudukan untuk menghasilkan intervensi sosial yang tepat sasaran.


5. Reformasi dunia ekonomi dengan mendorong industri berbasis pengalaman dan nilai tambah.


Anies berharap, pengembangan visi dan kebijakan ini dapat membuat masyarakat bertahan selama pandemi.


"Jadi dengan begitu ke depan kita akan bisa melihat Jakarta yang bisa bukan hanya survive selama masa pandemi tetapi lebih baik sesudah masa pandemi," kata Anies.


[Source: Kompas]